Persentase Podium Lorenzo Mengancam Rossi – KOMPAS.com


KOMPAS.com — Dua musim yang sulit bersama tim Ducati memengaruhi persentase podium Valentino Rossi sepanjang kariernya di arena grand prix. Kini, persentasenya merosot tajam menjadi hanya 68,6 persen.

Memang, jika jumlah podium menjadi acuan, Rossi masih memegang rekor terbaik untuk balapan di era modern ini—140 podium. Akan tetapi, untuk persentase, Rossi berada di peringkat ketiga karena kalah dari Wayne Rainey (77,1 persen) dan Mick Doohan (69,3 persen).

Bahkan, saat ini posisi “The Doctor” terancam oleh mantan rekan setimnya di Yamaha, Jorge Lorenzo, yang secara perlahan merangsek ke atas. Pebalap Spanyol tersebut sudah melewati Kenny Robert Jr, Eddie Lawson, dan rivalnya saat ini, Casey Stoner. Lorenzo kini memiliki persentase podium sebesar 68,5 persen.

Melihat performanya di awal musim 2012 ini, bukan mustahil Lorenzo akan melewati Rossi. Setelah membukukan empat kemenangan dan dua kali runner-up di enam seri perdana, Lorenzo pun berpeluang kembali naik podium pada seri ketujuh akhir pekan ini di Assen, Belanda.

Sedangkan untuk jumlah podium, Lorenzo untuk sementara berada di peringkat ke-13. Dia hanya perlu dua kali lagi untuk masuk jajaran 10 besar peraih podium terbanyak sepanjang sejarah balapan kelas premier.

Saat ini, mantan juara dunia dua kali kelas 250 cc tersebut sudah 50 kali naik podium, dan dia berpeluang besar menggeser Alex Criville, Kevin Schwantz, dan Wayne Gardner, yang berada di atasnya. Akan tetapi, untuk menjadi nomor satu, Lorenzo masih perlu musim yang panjang sehingga bisa mengejar Rossi, yang 140 kali naik podium.

Meskipun demikian, Lorenzo masih bisa memiliki kebanggaan karena sudah pernah menjadi juara dunia (tahun 2010). Bandingkan dengan pebalap peringkat ketujuh dan kedelapan, Dani Pedrosa (61 kali naik podium) dan Max Biaggi (58 kali), yang masuk jajaran 10 besar tetapi belum pernah menjadi juara dunia.

via Persentase Podium Lorenzo Mengancam Rossi – KOMPAS.com.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s