Intip Statistik Google Mail dengan GMail Meter – KOMPAS tekno


Google Image
Logo Google Mail

KOMPAS.com – Kesibukan membuat seseorang tidak menyadari bahwa banyak email yang terabaikan. Tak terhitung lagi email yang tidak terbaca dan tidak terbalas.

Namun, kini semuanya bisa diketahui dengan sebuah aplikasi yang membantu mengetahui statistik email pengguna layanan email Google. Aplikasi GMail Meter adalah Apps Script yang dibuat oleh Romain Vialard, kontributor top untuk Google Apps Script.

Konsep aplikasi ini mirip dengan layanan Google Account Activity yang memberikan statistik tentang penggunaan Google Account. Bedanya, Google Account Activity digunakan oleh pemilik akun Google, sedangkan GMail Meter lebih spesifik untuk pengguna Gmail.

Cara menginstalnya mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya :

  1.   Buka Google Docs dari akun Gmail dan buat spreadsheet baru.
  2.   Klik pada kata Tools lalu pilih Script Gallery.
  3.   Ketik “Gmail Meter” di mesin pencari dan klik Install.
  4.   Akan muncul tulisan Gmail Meter pada spreadsheet baru tersebut.
  5.   Klik pada tulisan Gmail Meter lalu klik Get a Report. Anda bisa memilih tipe dari laporan. Laporan bisa dikirim standar setiap awal bulan, atau Anda bisa mengatur agar laporan dikirim setiap 2 minggu sekali atau dua bulan sekali, tergantung keinginan Anda.
  6.   Setelah selesai set up, email statistik akan terkirim melalui email Anda.

Untuk petunjuk lebih jelas, bisa pelajari dari video berikut :

Email statistik yang terkirim dari Google, nantinya akan berisikan hal-hal berikut ini :

Volume statistics
Statistik ini akan menunjukkan jumlah email penting dan yang utama, jumlah email yang terkirim dan jumlah email yang masuk. Statistik ini berguna untuk mengetahui aktifitas Anda selama satu bulan menggunakan Gmail.

gmailmeter1
Daily traffic
Statistik ini akan menunjukkan perbedaan antara email yang diterima dengan email yang dikirim. Dari grafik akan langsung terbaca, apakah dalam satu bulan, Anda lebih banyak mengirim atau menerima email.

gmailmeter2
Traffic pattern
Statistik ini akan menunjukkan perbedaan jumlah email yang terkirim dan yang diterima setiap minggu.

gmailmeter3
Email categories
Statistik ini akan memisahkan kategori email yang terdapat di inbox, email yang dilabeli, email yang sudah diarsip, hingga email yang sudah Anda buang ke tempat sampah.

gmailmeter4
Time before first response
Statistik ini akan menunjukkan berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk membalas sebuah email. Dari statistik ini Anda akan mengetahui apakah Anda tergolong yang suka menunda membalas email, atau yang selalu membalas email yang Anda terima.

gmailmeter5
Word count
Statistik ini akan memberikan data seputar jumlah kata-kata yang Anda kirimkan setiap kali kali mengirim email. Statistik ini akan menunjukkan apakah Anda seorang yang rajin menulis panjang atau membalas email dengan singkat.

gmailmeter6
Thread Lenghts
Statistik ini akan menujukkan sejarah percakapan Anda di email. Statistik akan menunjukkan dengan siapa saja Anda paling sering melakukan komunikasi via email.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s