Facebook Belanja Paten Rp 5 Triliun – KOMPAS tekno


Facebook

KOMPAS.com — Facebook membeli 650 paten dan aplikasi AOL dari Microsoft seharga 550 juta dollar AS (sekitar Rp 5 triliun). Pembelian ini dilakukan hanya selang beberapa minggu setelah Facebook membeli Instagram seharga 1 miliar dollar AS.

Sebelumnya, Microsoft telah membeli 925 paten AOL seharga 1 miliar dollar AS secara tunai. Microsoft kini mengumumkan hanya memiliki 275 paten dari AOL, karena 650 paten dan aplikasi lainnya dibeli Facebook pada Senin (23/4/2012) waktu setempat.

Meski demikian, Microsoft juga mengatakan memiliki perjanjian lisensi untuk 650 paten yang dibeli Facebook tersebut.

“Kesepakatan hari ini dengan Microsoft menunjukkan betapa pentingnya akuisisi bagi Facebook. Ini adalah langkah signifikan lainnya yang dilakukan untuk membangun portofolio intellectual property untuk melindungi Facebook dalam waktu lama,” ujar Ted Ullyot, pengacara Facebook.

Brad Smith, Executive Vice President dan Pengacara Microsoft, menambahkan, kesepakatan dengan Facebook mampu menutupi setengah dari biaya kepemilikan paten AOL.

Zeus Kerravala, analis dari ZK Research, mengaku tidak mengerti alasan spesifik Microsoft menjual paten-paten AOL dalam waktu singkat setelah membelinya. Adapun dari sisi Facebook, Kerravala mengatakan, mereka sedang menimbun portofolio untuk meningkatkan nilai perusahaan jelang IPO.

“Facebook punya banyak uang. Yang mereka butuhkan adalah valuasi. Memiliki paten berarti mereka memiliki potensi untuk masuk ke pasar yang lebih luas,” tuturnya.

via Facebook Belanja Paten Rp 5 Triliun – KOMPAS tekno.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s