Ponsel Buatan Mozilla Siap Dipasarkan Akhir Tahun Ini – KOMPAS tekno


 

PCMag
Sistem operasi Gecko milik Mozilla yang dibenamkan di ponsel Samsung

KOMPAS.com – Perusahaan web browser Mozilla akan membuat ponsel dengan sistem operasi (operating system-OS) besutannya sendiri. Ponsel ini digadang akan menjadi pesaing ponsel Android besutan Google.

Menurut BBC yang mengutip dari blog teknologi di Brazil Ztop, ponsel perdana bagi Mozilla tersebut akan berjalan melalui software “Boot to Gecko” (B2G).

Ponsel yang menggunakan software tersebut pertama kali akan tersedia di Brazil dan akan dipasarkan oleh operator Brazil, Telefonica Vivo.

Sumber tersebut mengabarkan hingga saat ini belum ada data rinci mengenai harga ponsel sekaligus vendor yang akan membuat ponsel tersebut. Namun ponsel ini disebut baru akan dijual pada akhir 2012 atau awal 2013.

Software B2G atau yang lebih akrab disebut Gecko sebenarnya sudah dirilis pada Juli 2011. Software ini sekaligus akan menjadi OS pesaing Android milik Google.

Nama “Gecko” diambil karena merupakan bagian dari Firefox yang menggambarkan kemudahan menampilkan gambar di halaman web browser.

OS tersebut dikembangkan dalam sistem operasi terbuka, mirip dengan Android. Gecko akan memiliki standar tersendiri di ponsel.

CEO Mozilla Gary Kovacs saat konferensi pers di Sao Paulo menjelaskan “keterbukaan” OS ini akan memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk mengoperasikan ponselnya maupun mengatur aplikasi di dalamnya.

B2G dibuat agar aplikasi yang ada di dalamnya bisa seperti halaman web dan dapat digunakan untuk berbagi data dan link. Standar halaman web ini juga disesuaikan dengan standar web terbarunya, HTML5.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s