Kejar Harga Murah, Memori Windows Phone “Tango” Dibatasi – KOMPAS tekno


Kejar Harga Murah, Memori Windows Phone

Nokia

Nokia Lumia 610

KOMPAS.com – Microsoft telah mengumumkan kehadiran Windows Phone versi terbaru, Tango, di perhelatan Mobile World Congress (MWC) 2012 di Barcelona, Spanyol, akhir Februari lalu.

Tango dirancang Microsoft untuk ponsel-ponsel “low-end”. Nokia Lumia 610 dan ZTE Orbit, akan menjadi perangkat pertama yang menggunakan Tango.

Yang menarik, Microsoft juga mengumumkan pembatasan memori sebesar 256MB bagi perangkat-perangkat yang akan menggunakan Tango.

Ukuran RAM ini memang terbilang kecil untuk ukuran sebuah smartphone di masa kini. Bahkan, beberapa ponsel Symbian dari Nokia telah menggunakan RAM di atas 256MB.

Pembatasan ini memang sengaja dilakukan oleh Microsoft untuk mengakomodasi vendor-vendor yang ingin memproduksi ponsel Windows Phone dengan spesifikasi yang rendah yang entu saja akan dijual murah.

Namun, dengan keterbatasan hardware tersebut, tentu fungsi dari perangkat Windows PhoneTango juga akan terbatas.

Untuk itu, Microsoft pun telah mengeluarkan rincian pembatasan fungsi dan aplikasi yang tidak bisa berjalan di perangkat Tango sebagai berikut:

– Pembatasan aplikasi

Ada beberapa aplikasi yang tidak bisa berjalan di perangkat Tango, karena banyak aplikasi yang mengharuskan penggunaan jumlah memori yang besar.

– Video podcast

Perangkat dengan RAM 256MB tidak dapat menonton video podcast

– Bing Local Scout

Pada perangkat dengan RAM 256MB, Microsoft menonaktifkan fitur Local Scout pada mesin pencari Bing. Local Scout digunakan untuk memberi hasil pencarian restoran terdekat di lokasi pengguna berada.

– Switching aplikasi dibatasi

Pembatasan fitur Fast app switching yang ada di smartphone Windows Phone versi Mango. Aplikasi yang menggunakan RAM lebih dari 90MB akan langsung dinonaktifkan jika tidak digunakan dan tidak muncul di Task Switcher.

– Upload foto di SkyDrive

Microsoft menyatakan, fitur upload foto secara otomatis ke media penyimpanan online SkyDrive tidak mungkin bisa dilakukan oleh perangkat dengan RAM 256. Pengguna masih bisa meng-upload foto di SkyDrive, namun dilakukan secara manual.

– Playback video HD

RAM 256MB tidak akan dapat memutar video kualitas HD (high definition), walaupun telah dikompresi menggunakan codec tertentu.

– Background agents

Fungsi background agents pada perangkat Tango juga akan dihilangkan oleh Microsoft.

Pembatasan ini seakan memberi isyarat, bahwa Microsoft menghimbau para pengembang aplikasi untuk mengoptimalkan kinerja aplikasi dengan mengurangi penggunaan memori.

Perangkat dengan Tango akan mulai diluncurkan pada kuartal kedua tahun 2012 ini.

via Kejar Harga Murah, Memori Windows Phone “Tango” Dibatasi – KOMPAS tekno.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s