4 Tablet Android “Tempel” iPad Baru – KOMPAS tekno


4 Tablet Android

Samsung Galaxy Tab 10.1

KOMPAS.com — Apple telah meluncurkan secara resmi iPad generasi ketiga, pekan lalu. Terdapat beberapa fitur dan teknologi baru yang disematkan pada iPad terbaru tersebut.

Namun, tak ada hal baru yang “mengejutkan” di iPad tanpa nama khusus tersebut, baik dari sisi fitur maupun harga.

Untuk pengguna tablet Android, belum ada alasan kuat untuk beralih ke tablet buatan Apple tersebut karena semuanya sudah ada atau bakal hadir di tablet Android.

Berikut beberapa hal yang ada di iPad baru yang juga telah dan akan digunakan oleh empat vendor tablet Android:

– Retina display: Transformer Pad Infinity

Retina display merupakan trademark yang diusung Apple untuk perangkat dengan resolusi layar tinggi. Retina Display merujuk pada kerapatan piksel yang padat. Semakin padat ukuran piksel per inci, maka setiap individu piksel itu makin tidak bisa dibedakan dengan mata telanjang.

Untuk fitur ini, sudah ada tablet Android yang punya kemampuan (hampir) setara, yaitu Asus Transformer Pad Infinity, tablet buatan vendor asal Taiwan, Asus.

Tablet ini akan dibekali layar 10,1 inci dengan resolusi full high definition (FHD) 1.920 x 1.200 piksel. Transformer Pad Infinity akan menjadi tablet yang resolusi layarnya mendekati iPad terbaru, sebesar 2.048 x 1.536 piksel.

– Koneksi 4G: Galaxy Tab 10.1

Samsung telah sejak lama membekali teknologi jaringan nirkabel berkecepatan tinggi 4G pada tablet Galaxy Tab 10.1. Bahkan, tablet ini lebih tipis dan lebih ringan dibandingkan iPad terbaru.

Di Amerika Serikat (AS), jaringan 4G Galaxy Tab 10.1 didukung oleh T-Mobile, sedangkan iPad didukung oleh Verizon dan AT&T.

Harga dan penunjang fungsi buku digital: Kindle Fire dan Nook Tablet

iPad baru memang tergolong mahal dari sisi harga. Meski Apple telah memotong harga iPad 2, harganya tetap tinggi.

Bagi sebagian orang yang mengutamakan faktor harga, tablet Android hadir sebagai alternatif, dengan pilihan perangkat dan harga yang beragam.

Dua tablet Android yang dibanderol sangat murah adalah Kindle Fire dari Amazon dan Nook Tablet dari Barnes & Noble. Keduanya dijual dengan harga 199 dollar AS.

Bukan hanya soal harga, kedua tablet ini memberikan alternatif konten yang berbeda. Tidak hanya mengandalkan aplikasi dan konten dari Google Play (dulu toko aplikasi Android Market), Kindle Fire dan Nook Tablet menyajikan konten buku digital yang relevan dengan kebutuhan masyarakat AS.

Seperti diketahui, Amazon merupakan situs toko buku online terbesar di AS, sedangkan Barnes & Noble adalah peritel buku terbesar di AS yang juga memiliki toko buku online.

Tak heran jika masyarakat AS memanfaatkan tablet Android dua produsen ini untuk mengunduh buku digital dengan harga spesial.

via 4 Tablet Android “Tempel” iPad Baru – KOMPAS tekno.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s