detikInet : Indonesia Harus Cerdas Hadapi Ekspansi Google


detikInet : Indonesia Harus Cerdas Hadapi Ekspansi Google

Jakarta – Google kabarnya telah menunjuk Country Head-nya untuk Indonesia. Dan tak lama lagi, raksasa internet itu juga diyakini akan segera membangun kantor perwakilannya sebagai awal dari sebuah rencana ekspansi jangka panjang.

“Sekarang mungkin baru Country Head saja. Tapi pasti, mereka akan bikin dalam waktu dekat ini. Mungkin sekarang lagi menyiapkan legal aspeknya,” ungkap Chief Business Development Officer PT Melvar Lintasnusa (Melsa), Heru Nugroho kepada detikINET, Senin (27/2/2012).

Melsa merupakan salah satu mitra lokal yang digandeng Google untuk ikut mengembangkan bisnis UKM yang dibidik raksasa internet global itu. Untuk tahap awal, Melsa akan menyediakan server untuk 100 ribu domain UKM yang dipatok Google dalam program Bisnis Lokal Go Online.

Program yang juga memiliki nama Google Indonesia Business Online (GIBO) itu sejatinya memang inisiatif Google untuk membentuk ekosistem bisnis yang terhubung lewat jaringannya.

Nah, untuk memuluskan ekspansi awal itu, Google kabarnya telah menunjuk Rudi Ramawy sebagai Country Head Google di Indonesia. Sebelum menjadi bos Google Indonesia, Rudi pernah menjabat sebagai Production & Programming Director di RCTI.

Langkah Google yang kian serius ini, menurut Heru, perlu dicermati secara cerdas dan mendapat perhatian khusus dari para pebisnis lokal dan pemerintah. Jangan sampai di kemudian hari, Indonesia tak kebagian porsi dalam industri karena sudah digarap habis oleh Google.

Hal itu sangat mungkin terjadi. Sebab, Google dinilai sedang mengimplementasikan apa yang sudah diramalkan oleh para pakar industri jauh-jauh hari. Bahwa secara global, market akan berinteraksi secara digital dalam berbagai bidang, khususnya bidang ekonomi.

“Para pemain lokal harus cukup cerdas menyikapi ekspansinya Google supaya paling tidak tetap punya porsi dalam industri. Kondisi ini perlu disikapi dengan pemikiran jangka panjang, karena platform ekspansinya Google ini dalam hitungan yang panjang. Makanya, action pelaku industri lokal perlu koordinasi dengan pemerintah,” saran Heru.

via detikInet : Indonesia Harus Cerdas Hadapi Ekspansi Google.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s