detikInet : HTC Sensation XL, Sangar dengan Layar Lebar


detikInet : HTC Sensation XL, Sangar dengan Layar Lebar

Jakarta – Sensation XL memang agak berbeda dengan ponsel HTC lainnya. Produk ini memiliki tubuh paling besar, suara paling lantang, dan kamera yang diklaim terbaik di kelasnya. Benarkah demikian? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Desain: Besar, Tipis dan Nyaman Digenggam

Layar 4,7 inch yang diusung Sensation XL memang membuat ponsel ini tampak jumbo, dan paling besar dari seluruh smartphone yang pernah digelontorkan HTC. Tapi ketika digenggam, bodi tipisnya ternyata bikin nyaman digunakan.

Jika dilihat dari spesifikasinya, produk ini memiliki berat 162,5 gram dengan dimensi 132,5 x 70,7 x 9,9 mm. Jadi selain tipis, Sensation XL juga terasa ringan namun tak kehilangan kesan kokoh.



Ya, alumunium yang menyelimuti hampir seluruh bagian tubuh Sensation XL membuat kesan kokoh terpancar jelas dari produk ini. Belum lagi ditambah perpaduan warna putih dan silver yang sukses memberikan kesan elegan. Cukup menarik.

Jika dilihat dari tata letak tombol ponsel ini tak berbeda dengan produk HTC lainnya. Di bagian depan hanya ada touch panel Home, Menu, Back dan Search. Sedangkan di bagian kiri ada tombol volume, jack 3,5mm dan Power di bagian atas. 

Sedangkan di bagian belakang hanya terdapat sepasang LED flash sebagai pedamping kamera 8 MP yang diusungnya. Sayang, tak ada tombol khusus untuk aksi jepret-menjepret.



Performa Sangar di Layar Lebar

Soal tenaga, meski bukan yang terkuat dari seri Sensation lainnya, produk ini terbilang cukup mumpuni. Chipsetnya sudah menggunakan Qualcomm MSM8255 yang di dalamnya terdapat prosesor Scorpion 1,5 GHz dan GPU Adreno 205. 



Skor Quadrant 1.923

Soal jeroan memang tak ada yang istimewa, namun soal kualitas gambar, ponsel ini layak diacung jempol. Ketika dijajal detikINET, HTC Sensation XL ternyata memiliki sudut pandang yang lebih baik dari saudaranya, Sensation. 

Dilihat dari tingkat kemiringan 40-50 derajat Sensation XL masih terlihat lebih baik tanpa penurunan kualitas gambar. Berbeda dengan Sensation yang sudah mulai mengalami penurunan.

Masih soal layar. Meski memiliki ukuran yang paling besar dari seri Sensation lainnya, namun sayang resolusinya cuma 480 X 800 pixel, lebih kecil dari Sensation (biasa) atau XE yang mencapai 540 X 960 pixel.



Suara Lantang, Kamera Luar Biasa

Soal suara, speaker internal produk ini memang terbilang cukup lantang di kelasnya, tapi jangan dulu beranggapan bisa mendapatkan kualitas yang baik jika diputar dengan keras. 

Lain halnya ketika pengguna memakai earphone Beats Audio yang disertakan dalam paket penjualan. Wuih.. suaranya nendang, dengan efek bass yang sangat terasa, cocok bagi Anda yang menyukai musik jedag-jedug.

Namun di antara semua fitur yang disodorkan, tak dipungkiri lagi jika kualitas kameranya sungguh luar biasa. Baik outdoor maupun indor hasil jepretannya terlihat baik.

Pengambilan gambar jarak dekat (close-up) memiliki hasil yang luar biasa. Di beberapa area, detail gambarnya terlihat amat tajam dan indah dilihat. Berikut adalah contoh hasil jeretan kamera HTC Sensation XL dalam jarak dekat.





Pun demikian dengan fitur lainya. Ada beberapa modus pengambilan gambar yang bisa digunakan di Sensation XL. Ada modus Action Burst untuk menangkap gambar hingga 5 framesekaligus, Panorama untuk mengambil gambar yang luas, Close Up, Backlight HDR, Low Light, White Board, Portait dan lainnya.

Soal efek juga tak ketinggalan. Ada beberapa filtering yang bisa digunakan seperti Vintage, Depth of Field, Distortion, dan beberapa efek lainnya. Filter ini bukan hal baru memang, karena sudah ada di beberapa produk HTC sebelumnya.



Hasil foto outdoor

Kualitas foto yang dihasilkan memang cukup mempesona. Lalu bagaimana jika digunakan untuk merekam video? Sayang, hanya mampu merekam hingga resolusi 1280 X 720 pixel.

Ya, meski belum bisa merekam video full HD, namun hasil rekaman dari Sensation XL masih enak dilihat pada televisi berukuran 32 inchi. Sebab, rekaman video yang dihasilkan menggunakan format MP4 dengan bitrate 5235 kbps dan suara stereo di level 132 kbps.

Nah, untuk merekam video, ada baiknya memperhatikan ruang simpan yang tersedia. Sebab, selain tidak disediakannya slot memori eksternal, hasil rekaman dari Sensation XL juga memiliki ukuran besar. Sekitar 14 MB untuk rekamaan berdurasi 20 detik.



Secara keseluruhan memang Sensation XL bukan diperuntukkan bagi pengguna Android yang ingin memiliki ponsel paling kencang, tapi lebih untuk mereka yang gemar fotografi sekaligus pecinta musik dan multimedia.


Kelebihan:
+ Hasil foto bening
+ Besar tapi ringan
+ Ada Beats Audio

Kekurangan:
– Resolusi layar kecil
– Tidak ada tombol kamera
– Tidak ada slot MicroSD

Spesifikasi:

  • Sistem operasi: Android 2.3
  • Layar: S-LCD capacitive touchscreen 4,7″, 480 X 800 pixel
  • Prosesor: Scorpion 1,5 GHz
  • Memori: ROM 16 GB, RAM 768 MB
  • Kamera: 8 MP, Autofocus, dual LED Flash
  • Kapasitas baterai: 1600 mAh

( eno / ash ) 

via detikInet : HTC Sensation XL, Sangar dengan Layar Lebar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s