Google siapkan tablet ‘Nexus’ untuk singkirkan iPad


Jakarta (ANTARA News) – Google akan meluncurkan tablet berbasis Android enam bulan lagi untuk meruntuhkan dominasi tablet iPad Apple, kata bos Google Eric Schmidt.

“Dalam enam bulan ke depan, kami akan menghadirkan tablet berkualitas tinggi,” katanya kepada sebuah koran Italia.

Sebelumnya, Google ikut andil dalam pengembangan tablet Xoom Motorola. Sayangnya, nasib Xoom sama dengan tablet Android lainnya dengan penjualan tablet yang mengecewakan dalam pasar tablet. Sejauh ini, pasar tablet didominasi iPad.

Google menjadi produsen peranti lunak keras utama dengan  akuisisi Motorola senilai $ 12.5 miliar dan saat ini pembelian tersebut masih dikaji pihak otoritas. Kesepakatan itu akan memberikan Google lebih banyak kontrol dalam pembuatan tablet Android.

Tablet Amazon Kindle Fire yang berbasis Android telah menunjukkan sinyal kuat sebagai penantang Apple. Hal itu berdasarkan harga tablet Amazon yang relatif murah tetapi tablet Amazon menuai kritik atas cara penggunan perangkat lunaknya yang sulit.

Schmidt memuji peran Steve Jobs yang mempelopori pasar tablet dan menggambarkan iPad sebagai perangkat yang “menakjubkan”.

“Steve Jobs adalah Michelangelo masa kini,” katanya. “Seorang teman yang punya  karakter unik, mampu menggabungkan kreativitas dan kejeniusan visioner dengan kemampuan rekayasa yang luar biasa.”

“Steve menyadari potensi revolusioner tablet dan menciptakan sebuah produk yang menakjubkan seperti iPad,” katanya.

Di pasar smartphone, Google mendesain Nexus sebagai lapangan uji coba versi-cersi  baru Android dan unjuk pamer peranti keras mutakhir. Saat ini Galaxy Nexus diproduksi oleh Samsung.

Schmidt mengatakan bahwa persaingan antara ponsel pintar Android dan iPhone akan menjadi “brutal”.
(adm)

Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s