Microsoft Bisa Hapus Aplikasi di Perangkat Pengguna


KOMPAS.com – Microsoft menyatakan akan menerapkan fungsi “Kill Switch” pada toko aplikasinya yang baru, Windows Store. Kill Switch adalah remote yang bisa me-nonaktifkan aplikasi atau bahkan menghapusnya jika dianggap berbahaya bagi perangkat.

Dengan Kill Switch, Microsoft memiliki kebijakan tersendiri untuk mengatur toko aplikasi milik mereka yang akan segera hadir dalam versi beta pada Februari 2012.

Dalam Microsoft Windows Store Terms of Service di website berikut : windows.microsoft.com/en-US/windows/store-terms-of-use Microsoft menyebutkan bahwa dengan alasan hukum pengguna tidak akan bisa mengakses konten atau mengakses konten meskipun telah membeli lisensi.

Apabila aplikasi yang terhapus adalah aplikasi berbayar dimana pengguna telah membayar sejumlah uang untuk berlangganan, maka Micorosoft akan menggantinya. Namun, jika dalam penghapusan tersebut, data pengguna terhapus, Microsoft tidak perlu bertanggung jawab atas kehilangan data yang telah tersimpan.

Tiga tahun lalu, CEO Apple Steve Jobs sempat mengatakan akan menggunakan tools serupa. Apple menyetujui penggunaan Kill Switch namun akhirnya dibatalkan.

Google mungkin lebih berani karena berhasil menggunakan Kill Switch dan menggunakannya untuk menghapus dari jauh aplikasi Android yang terdeteksi berbahaya. Kill Switch pertama kali digunakan pada Juni 2010, ditambahkan ke Android Market oleh Jon Oberheide, co-founder dan CTO Duo Security.

Seorang analis dari IDC, Al Hiwa mengatakan bahwa Microsoft harus lebih menjelaskan konsep Kill Switch ini kepada pengguna dengan mengikuti jejak Google. Jika tidak, Microsoft lebih baik mengikuti jejak Apple untuk meniadakan Kill Switch.

Microsoft harus memperketat proses persetujuan aplikasi dan memperketat prosedur penggunaan aplikasi. Microsoft harus memiliki keterbukaan, kecepatan, dan prediksi yang tepat dalam hal pengaplikasian Kill Switch.

 

kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s