Review Total Network Inventory – Majalah Info Komputer Online


 

Sebagai administrator, mengaudit serta melakukan inventaris terhadap beberapa komputer dalam satu jaringan bisa menjadi hal yang agak merepotkan. Apalagi, jika komputer yang ditanganinya berjumlah puluhan atau bahkan ratusan. Bayangkan jika semua itu harus dilakukan secara manual.

Nah, ada satu aplikasi yang memudahkan untuk mendeteksi seluruh komputer dalam jaringan hingga ke hal-hal yang mendetail, seperti komponen dan sistem operasi. Namanya Total Network Inventory.

Untuk melakukan pendataan, admin tinggal melakukan pemindaian pada tiap komputer klien dan otomatis nantinya tampil segala detail dari setiap komputer yang terdeteksi. Hasil pendeteksian ini bisa disimpan berupa file dan dikirim ke database server.

Aplikasi ini cukup dijalankan dari satu komputer saja tanpa perlu menginstalasinya pada komputer lain dalam jaringan. Alhasil, admin bisa dengan mudah mendapatkan hasil pencatatan inventarisasi semua komputer pada jaringan tanpa terbentur masalah jumlah komputer yang ada.

Hasil pendeteksian bisa dilihat pada kolom View Details. Detail yang ditampilkan disusun berdasarkan kategori yang terdapat pada kolom bagian kanan, di antaranya hardware, software, other, serta custom information.

Selain mendeteksi segala komponen komputer, aplikasi ini juga mendeteksi hal yang dirasa perlu atau menanggalkan semacam warning jika terdapat hal yang dianggap penting, seperti memberi peringatan bila di antara komputer klien tidak terdapat antivirus.

Asyiknya lagi, admin bisa mengubah konfigurasi jaringan tiap komputer dari sini tanpa melalui komputer yang bersangkutan. Admin bisa mengubah nama komputer klien, IP address, tipe komputer, sampai nomor inventori sebagai penanda. Admin juga bisa menambahkan semacam catatan kecil yang bisa ditambahkan sebagai penanda dari setiap komputer tersebut.
(Dayu Akbar – Kontributor)

****

Dengan Total Network Imventory, administrator jaringan akan dimudahkan dalam melakukan inventaris komputer dalam satu jaringan tanpa perlu memantaunya secara satu per satu. Hal ini juga bisa digunakan untuk melakukan perencanaan jika ingin melakukan upgrade.

Review Total Network Inventory – Majalah Info Komputer Online.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s