RUU BPJS Disahkan Hari Ini, Kecuali Terjadi Gempa


Jakarta, PODIUM – Ketua DPR Marzuki Alie memanggil dan mendorong tiga orang pimpinan Panitia Khusus (Pansus) RUU Badan Penyelenggara Jaminan sosial (BPJS), untuk mensahkan RUU tersebut menjadi undang-undang (UU) hari ini, Jumat 28 Oktober 2009.

Ketiga pimpinan Pansus yang dipanggil adalah, Ahmad Nizar Shiba, Surya Chandra dan Febriansyah. Ketiganya didesak Marzuki mengesahkan RUU BPJS menjadi UU, kecuali terjadi gempa bumi.

“Pak Marzuki minta disahkan jadi UU, kecuali terjadi gempa,” kata Chandra kepada wartawan di gedung Senayan seusai keluar dari ruangan Marzuki, Kamis (27/10) malam.

Marzuki juga menekankan, agar Pansus RUU BPJS tidak lembek saat menghadapi pemerintah, jika memang pemerintah terkesan hendak mengulur-ulur waktu pengesahan RUU tersebut.

“Pemerintah tidak punya hak menghalang-halangi pengesahan RUU tersebut,” tambah Chandra mengutip lagi omongan Marzuki.

DPR, tambah Ketua Pansus, Ahmad Nizar, DPR memang telah menjadwalkan pengesahan RUU BPJS menjadi UU pada Jumat ini. Di luar gedung, kata Nizar, maksudnya gedung DPR RI Senayan, sudah berkumpul ratusan buruh yang akan menginap memberikan dukungan dan sekaligus tekanan kepada DPR dan pemerintah untuk mengesahkan RUU BPJS menjadi UU.

Pengesahan RUU BPJS memang sangat alot, RUU yang merupakan usulan dan inisiatif parlemen itu, selalu saja diganjal pemerintah untuk disahkan. Pembahasan RUU ini dilakukan secara marathon, dan hari ini adalah merupakan batas waktu akhir bagi pengesahan RUU tersebut.

Jika memang RUU BPJS jadi disahkan menjadi UU, maka kemungkinan aksi mengepung gedung DPR akan sedikit melonggar. Rencananya, hari ini bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, 148 elemen Mahasiswa, LSM, buruh dan tani, serta rakyat miskin kota akan turun ke jalan mengepung gedung DPR dan mendesak Prsiden Susilo Bambang Yudhoyon dan Wakil Presiden Boediono untuk mundur dari kekuasaan dan pemerintahan.

Reporter: Helmi Ramdhoni

Editor: Tunggul Naibaho

Sumber : Podium Interaktif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s