DPR Gelar Paripurna Pengesahan RUU BPJS


Jakarta – Pembahasan RUU Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) memasuki masa-masa penting. RUU BPJS akan dibahas dalam rapat paripurna DPR pagi ini. Apakah perdebatan alot terkait jaminan sosial ini akan berakhir hari ini?

Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso membenarkan rapat paripurna DPR pukul 10.00 WIB pagi ini akan mengagendakan pengesahan RUU BPJS. Rapat paripurna pagi ini sekaligus menutup masa sidang DPR dan memasuki masa reses akhir tahun DPR.

“Dijadwalkan dalam rapat paripurna,” tutur Priyo kepada detikcom, Jumat (28/10/2011).

Priyo melihat ada isyarat perdebatan RUU BPJS akan disahkan pada paripurna kali ini. Apalagi paripurna kali ini adalah peluang terakhir pengesahan RUU BPJS, atau semua pembahasan RUU BPJS akan kandas.

“Kemarin Menteri Keuangan pas salaman terakhir dengan saya memohon agar didoakan semoga besok semuanya lancar dan kami bertepuk pundak,” tutur Priyo.

Ia sendiri mengaku sangat optimis perdebatan panjang DPR dan pemerintah akan berakhir dan RUU BPJS diketok menjadi Undang-undang. “Yah, mudah-mudahan,” tuturnya.

Sebenarnya masih ada perbedaan pandangan pemerintah dengan DPR terkait RUU BPJS. Meski pada akhirnya pemerintah mempersiapkan rencana panjang pembentukan BPJS.

BPJS I dijadwalkan pemerintah akan mulai tahun 2014. Sedangkan BPJS II akan efektif per tahun 2016. Modal keduanya pada pembahasan terakhir antara pemerintah dengan DPR maisng-masing Rp 2 triliun. Sementara keseluruhan program BPJS akan selesai disiapkan pada tahun 2029.

(van/mok)

Sumber : detikNews

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s