DPR Bersidang, Ribuan Buruh Tuntut RUU BPJS Disahkan


Senayan – Ribuan buruh yang tergabung dalam Komite Aksi Jaminan Sosial (KAJS) menggelar unjuk rasa di depan gerbang utama Kompleks Parlemen, Senayan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Jumat (28/10). Unjuk rasa ini sekaligus untuk menekan DPR yang tengah menggelar Rapat Paripurna yang salah satu agendanya mengesahkan RUU BPJS.

Para buruh mengancam, bila RUU BPJS tidak disahkan, mereka mengancam akan membuat Jakarta lumpuh dan salah satunya akan menduduki Bursa Efek Indonesia. “Kita lumpuhkan Jakarta dan kita akan duduki BEI,” teriak seorang pengunjuk rasa dari mobil komando.

Dalam pernyataannya, para buruh terlihat marah. Apalagi mereka mendapatkan kabar bahwa Menteri Keuangan sebagai wakil pemerintah, malam tadi tetap menolak BPJS II (transformasi Jamsostek) yang melayani asuransi kecelakaan, kematian dan pensiun dioperasikan. Sementara Pansus RUU BPJS meminta BPJS II dioperasikan pada 2014 bersamaan dengan RUU BPJS I (transformasi PT Askes) yang melayani asuransi kesehatan.

Padahal sebelumnya Ketua DPR Marzuki Alie seperti dikatakan Wakil Ketua Pansus BPJS Surya Chandra Suropaty mengatakan bahwa Presiden SBY menyetujui RUU BPJS I dan II disahkan dan beroperasi mulai 2014.

Buruh mengancam akan memblokir tol dan juga merangsek ke DPR bila RUU BPJS tidak disahkan hari ini juga. Mereka juga menuding Dirut PT Jamsostek Hotbonar Sinaga sebagai biang utama yang menolak BPJS II beroperasi pada 2014.end

Sumber : Jurnal Parlemen

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s