Demokrat: Perlambat Pelaksanaan BPJS II Bukan Karena Takut Audit


RMOL. Hingga saat ini, RUU Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) belum disahkan. Sampai dinihari tadi lobi antar fraksi, pimpinan, dan pemerintah sudah dilakukan namun tidak juga mencapai titik temu.

Dalam pelaksaan BPJS II yang terdiri dari jaminan sosial kecelakaan kerja, hari tua, pensiun dan kematian, Fraksi Demokrat bersikap sebagaimana pemerintah. Fraksi Demokrat menghendaki agar pelaksanaan BPJS II baru dilaksanakan awal tahun 2016. Sementara fraksi lain menghendaki agar BPJS II sudah bisa dilaksanakan mulai awal tahun 2014.

“Kami memahami pemikiran pemerintah untuk memerlukan waktu yang panjang untuk menjalankan BPJS II daripada asuransi kesehatan dari PT Askes ke BPJS I dan ini sama sekali kami tidak berpikir karena takut audit,” kata Ketua Pansus BPJS dari Fraksi Partai Demokrat, Nizar Sihab, di gedung DPR/MPR Jakarta, dinihari tadi (Jumat, 28/10).

Sementara itu, anggota Pansus BPJS dari Fraksi PDI Perjuangan, Rieke Diah Pitaloka, sejak awal curiga dengan sikap pemerintah yang meminta pelaksanaan BPJS dimulai awal tahun 2016. Rieke menduga pemerintah takut bila ada audit terhadap empat BUMN asuransi sosial, terutama PT Jamsostek. Bila audit dilakukan bisa-bisa menggoyang pemerintahan SBY.

Rieke juga menduga alasan pemerintah yang meminta pelaksanaan BPJS dimulai awal tahun 2016. Bisa jadi empat BUMN ini, terutama PT Jamsostek, dijadikan sapi perahan untuk kepentingan pihak tertentu dalam menghadapi Pemilu dan Pilpres 2014. Apalagi selama ini dana buruh yang ada di PT Jamsostek disimpan di bursa saham dan tidak jelas peruntukannya. [ysa]

Sumber : RMOL

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s